Hal yang mungkin bermanfaat ketika masuk Informatika

Bertemu lagi teman-teman. kali ini, aku mau membahas tentang hal yang menurutku bagus untuk di bagikan. berdasarkan dari pengalaman pribadi aku selama kuliah, apa yang bakal aku tulis merupakan hal yang kurasa sebaiknya aku ketahui pas masuk jurusan ini dulu, dan kali ini akan aku tuliskan untuk teman-teman yang baru masuk atau hanya sekedar ingin menambah pengetahuan saja


(Informatika itu tentang keseimbangan belajar dan praktek)

1. Membaca Santai
Oke buat teman-teman mungkin hal ini terasa terlalu sederhana, tapi menurutku tidak. karena memang kuliah itu 70% belajar mandiri, dan 30% materi dari dosen dikelas. sehingga aku juga menyadari (secara terlambat hehe) bahwa membaca menjadi kunci untuk memahami materi kuliah. rekomendasiku adalah membaca situs yang berkaitan dengan materi tertentu. aku merekomendasikan IlmuKomputer.com untuk menjadi bahan memperkaya pengetahuan kamu di bidang informatika. walaupun aku tau tampilan websitenya kurang menarik, percaya deh, kalo kamu nyari bahan materi untuk skripsi atau penelitian, tempat itu akan memberi pencerahan (judul skripsiku adalah korban pencerahan web itu hehe). di situs itu berisi tulisan yang disumbangkan untuk bisa dibaca bersama dan berdiskusi tentangnya.
(Pilih Computing Tutorials untuk melihat isi bacaan)

situs lain yang aku rekmendasikan adalah duniailkom.com (tempat yang berjasa membuatku memahami pemrograman) dan romisatriawahono.net yang merupakan tempat terbaik buat para mahasiswa tua dalam usaha menyelesaikan tugas akhirnya (ini serius, beliau bahas MetoPen dengan cara yang menarik). selain baca situs, aku juga mengandalka perpustakaan di kampusku yang sangat lengkap untuk mencari bacaan, di UPB, sendiri katalog bukunya dapat diakses online dan kita bisa tau apakah buku dimiliki perpus atau tidak.

2. Nonton hal Bermanfaat
Siapa sih yang nggak suka nonton kan? (aku salah satunya, lama di wifi.id buat update film tentunya hehe) karena dengan menonton, kita menerima banyak informasi dari apa yang kita lihat dan dengar tanpa harus mengeluarkan banyak usaha. aku dikasih tau sama temenku beberapa channel yang bagus banget, seenggaknya menurut aku imbas dari channel ini aku rasain banget buat kehidupan kampusku. aku rekomendasikan channelnya KelasTerbuka dan channelnya Sandika Galih buat belajar pemrograman. kelas terbuka membahas materi pemrograman bahasa indonesia yang mudah banget dipahami. buat channel sandika galih, hampir mirip nih dengan sebelumnya, tapi aku lebih berkesan belajar pemrograman web disitu karena dibahas dengan rinci (kamu mungkin boleh sedikit bosen karena durasinya, tapi siap-siap aja tugas makul web mu bakal ketolong karena adanya channel itu hehe)

(Belajar di KelasTerbuka sangat asik dan tidak terlalu membingungkan)

bahan tontonan tambahan dariku yang terakhir adalah KokBisa?. channel ini berisi pembelajaran yang dijadikan kartun, gaya pembuatnya juga sangat enak, sehingga teman-teman pasti akan betah buat menontonnya. kamu bakal jadi lebih tau tentang hal-hal yang ngebosenin di kelas fisika, kimia, biologi, dan sejenisnya, karena dibahas di channel ini (aku suka ketawa sendiri kalo disitu udah pake istilah tahu bulat yang menggambarkan seolah-olah tentang indonesia 😃)

3. Diskusi bareng
Hal terakhir yang aku saranin adalah berdiskusi. teman-teman pasti sudah biasa buat berdiskusi, tapi kalau diskusi dengan orang yang  bisa memotivasi dan memberi saran, itu hal yang sangat baik sekali. aku jujur kadang sering liat ada teman lain yang sudah tau punya masalah, bukannya diskusi dan cari solusi, tapi malah drama yang kurang penting di sosial media (kalau kamu tersinggung, bertaubatlah). selama aku kuliah, ada beberapa dosen yang kutemui itu emang bisa banget buat memberikan motivasi. dan temanku juga ada beberapa yang aku temui bahwa mereka itu sangat bijak, dan aku belajar banyak dari mereka. kadang dari duduk nongkrong sebentar, aku bisa belajar banyak dari diskusi dengan mereka. teman-teman pasti juga bisa merasakan hal yang sama kalau mau mencoba mencari orang yang bisa diajak diskusi.

Itu dia beberapa hal yang bermanfaat buatku ketika berkuliah di jurusan Informatika, ada beberapa hal lainnya, tapi sudah ku bagikan yang paling penting dan mudah dilakukan lewat tulisan kali ini. semoga teman-teman bisa terbantu ya dengan tulisanku ini 😉

Komentar