Jurusan yang bikin pusing?

Bertemu lagi teman-teman. kali ini, aku mau membahas terkait jurusan yang sudah ku beranikan diri dulu untuk mengambilnya (jujur aku ingin menyesal, tapi gak boleh gitu). sebuah jurusan yang banyak dipilih oleh mahasiswa di Indonesia entah karena memang berbakat disitu, sering main di warnet, yang katanya lulusan SMK jurusan TKJ, atau cuma karena korban ulasan di Internet dan mencoba memasukinya.


(Teknik Informatika atau bahasa inggrisnya Informatics Engineering)

Aku sendiri merupakan seorang mahasiswa mantan lulusan SMA jurusan IPS. setiap hari yang kutemui adalah buku dengan banyak teori menghapal (alhamdulilah sekarang udah tidak menghapal lagi, tapi bohong). Di jaman SMA, aku menikmati 3 bulan tenang yang diharuskan berbelajar biasa saja dengan sedikit PR rumah, lalu akan ada ujian tengah semester (dua kali) dan ujian semester (dua kali juga) yang diakhiri dengan ujian akhir semester yang menentukan kita naik kelas atau tidak (kalau kamu masih sekolah, kamu akan ingat. tapi untuk mahasiswa tua sepertiku, udah lupa). kini di masa kuliah, hanya ada ujian tengah semester dan ujian semester saja yang ditemui, karena penutupnya nanti adalah dengan menyelesaikan tugas akhir (untuk diploma) dan skripsi (untuk sarjana S1). dalam dunia Informatika, ada banyak hal yang baru kutemui, selain banyak hapalannya juga (yang dihapal itu rumus dan standar ISO tertentu), ternyata jurusan ini lebih mengarah ke pemanfaatan logika yang kita miliki.


(Logo dari Teknik Informatika UPB)

Kalau boleh jujur, aku tidak bisa memberi penjelasan ilmiah seperti di buku-buku cetak mata kuliah itu. tapi, berdasarkan pengalamanku, Teknik Informatika nih merupakan mata kuliah yang cukup luas pembahasannya (jujur teman-teman, obat sakit kepala harus selalu sedia di kosan). di UPB sendiri, jurusan yang berhubungan dengan komputer dan teknologi ada dua, yaitu Sistem Informasi dan Teknik Informatika. lagi-lagi kalau dibanding-bandingkan, sebenarnya tidak terlalu jauh, apa yang kami pelajari juga kebanyakan dipelajari oleh mahasiswa Sistem Informasi, tapi, kami lebih fokus pada penelitian dibidang jaringan data data sains, sedangkan jurusan Sistem Informasi lebih tajam ke arah pemrograman. (maafkan kalau saya belum tepat ya hehe)

Berkat fasilitas yang dimiliki UPB, laboraturium dan dosen yang sudah berpengalaman, membuatku menjadi cukup mudah dalam mencoba mempelajarinya (ada sedikit yang aku gak bisa pahami, tapi bohong, lumayan banyak juga kok haha). tetapi setelah masuk fase semester akhir, akhirnya aku menemui jati diriku di Informatika ini (hehe), aku memutuskan untuk memasuki dunia keamanan jaringan, karena setiap kemudahan teknologi yang ada saat ini masih rentan terhadap serangan. mengutip dari film bagus yang bertemakan hacker, slogan yang tepat terhadap sistem dan jaringan adalah
"Kein System ist sicher" - Benjamin engel


(Tidak ada sistem yang aman)

Dan oleh karena itu, berkat dorongan dosen di UPB yang sangat mengerti dengan minat dan bakat para mahasiswanya, ditambah dengan teman-teman yang mau memberikan saran, akupun memutuskan untuk mengajukan judul skripsi terkait kemaanan jaringan, dan alhamdulilah sudah disetujui. masa ku untuk berfokus menyelesaikannya dan meraih gelar yang aku perjuangkan sudah dekat. semoga aku dimudahkan ya teman-teman, terima kasih sudah ikut mendoakan 😀

Komentar